Seni Mencintai Diri Sendiri

Setiap orang ingin dicintai, dihargai, dimengerti. Karena itu yang membuat mereka merasa seperti manusia, dianggap keberadaannya.

Namun, apa jadinya jika orang yang tidak mencintai, menghargai, dan mengertimu adalah diri kamu sendiri?

Kamu sedih dengan dirimu. Selalu muncul pertanyaan tentang kenapa hidupku begitu menyedihkan? Kenapa aku jelek? Kenapa aku miskin? Kenapa aku bodoh? Kenapa aku begitu memalukan? Kenapa aku selalu salah dan gagal? Hingga akhirnya tanpa sadar kamu begitu membenci dirimu sendiri. Kamu ingin lari dari kehidupanmu. Lari dari peranmu sebagai dirimu dan berangan seandainya bisa berubah menjadi orang lain. Tapi ah, itu tidak bisa.

Memang, hidup ini tidak selalu sesuai dengan harapan. Dan terkadang begitu menyesakkan. Tapi bukan berarti itu salahmu. Jauh di dalam sana, ada sosok yang sedang menangis juga. Menangis karena ia tak tau sebab kenapa kamu begitu membencinya? Berdamailah dengan diri sendiri. Cintai dirimu dengan tulus. Rangkul dan peluklah ia dengan kasih sayangmu. Terimalah ia apa adanya dengan penuh senyuman.

Maafkanlah dirimu. Maafkan kesalahan-kesalahanmu. Setiap orang punya masa lalu. Dan mari perjuangkan masa depanmu dengan menghapus dosa-dosamu di masa lalu. Salah satunya dengan mulai mencintai diri sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKSES BUKAN KARENA KEBERUNTUNGAN

Just Perform

Stop Insecure